Penting! Tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

482 Views 0 Comment

Bulan Ramadhan telah tiba. Menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan menjadi krusial agar kita tetap bisa menjalankan puasa dengan lancar. Terlebih lagi bagi banyak orang menjalankan puasa ditengah era pandemi menjadi sebuah tantangan tersendiri. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan ini agar puasa berjalan dengan mudah, ibadah lancar, kesehatan tetap terjaga sehingga tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Simak beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan.

  1. Jaga asupan makanan

Bulan puasa merupakana kesempatan bagus ย untuk mengatur asupan makan kamu. Tidak hanya makan makanan yang mengandung gizi baik, kamu juga wajib makan buah-buah dan menghindari terlalu banyak gorengan atau makanan manis. Terlalu banyak makan gorengan tak hanya membuat kamu mudah haus tapi juga beresiko menambah berat badan karena berkalori tinggi. Sama halnya dengan makanan atau minuman manis, semakin banyak kamu makan atau minum manis maka kamu akan semakin sering craving makan atau minuman manis tersebut.

  1. Perbanyak minum air putih

Selain makanan, kamu juga wajib menjaga tubuh agar tidak dehidrasi selama berpuasa dengan banyak minum air putih. Kurang minum air putih akan menyebabkan dehidrasi ringan yang ditandai dengan mudah haus, mulut kering, kulit kering, hingga kelelahan dan sakit kepala. Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari selama berpuasa dengan cara 2 gelas sebelum tidur, 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 2 gelas setelah solat tarawih.

  1. Olahraga rutin

Zaman dulu sering kali banyak orang berkata sebaiknya tidak berolahraga selama bulan puasa. Padahal justru sebaliknya, berolahraga selama malah sangat dianjurkan. Selain staminan terjaga, kamu juga akan lebih mudah mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Agar puasa kamu tidak terganggu, berolahragalah 1-2 jam sebelum waktu waktu berbuka atau 1 jam setelah berbuka dan lakukan olahraga ringan dengan repetisi yang intens.

  1. Jaga pola tidur

Hindari tidur terlalu larut atau bahkan begadang selama bulan puasa. Hal ini untuk menghindari kamu bangun terlalu siang setelah sahur dan agar kamu tidak mudah lelah dan lebih berenergi. Tidak hanya itu, jika bulan puasa berakhir tubuh akan lebih mudah menyesuaikan durasi tidur yang kembali berubah.

  1. HIndari makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka

Makan terlalu banyak dan cepat langsung saat berbuka hanya akan membuat kamu mual setelahnya. Lebih baik makan makanan pembuka seperti kurma dan air putih dahulu agar perut tidak kaget dan menaikkan gula darah secara perlahan. Begitu juga saat sahur, makanlah secukupnya agar setelah bangun perut tidak terasa kembung dan tidak mudah lapar.

  1. Minum Suplemen

Saat berpuasa, tubuh menerima asupan kalori yang lebih sedikit sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi secara maksimal/ Berikan tubuh tambahan nutrisi dan imun dengan meminum suplemen dan multivitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Terlebih lagi ketika berpuasa saat pandemi memerlukan ekstra gizi agar imun tubuh tidak melemah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dengan mudah selama berpuasa di bulan Ramadhan ini. JIka kamu memiliki tips lainnya yang bermanfaat, yuk sharing dengan kami!

0 Comments

Leave a Comment

Close